Sunday, October 13, 2013

Halal Is My life Wardah Is my style

Sebagai perempuan tulen siapa sih yang tidak ingin terlihat cantik? tapi apakah perempuan hanya cukup dengan membeli kosmetik lalu terlihat cantik? Menurut saya enggak banget. Ada yang sudah membeli kosmetik tapi tak tahu bagaimana memberi sentuhan kosmetik sesuai porsi , bisa dibilang menor juga.

Saya pernah bertemu seorang muslimah/Perempuan muslim sebut saja bernama Aisyah.

Beliau hanya memakai sedikit lip gloss dan bedak tipis. Hidungnya tidak mancung, kulitnya pun sawo matang, bahkan di daerah bibirnya terlihat sedikit luka bekas operasi sumbing, tapi itu pun hanya terlihat jika dari dekat saja.  Aisyah memandu sebuah acara yang diadakan sekolah anak saya semasa TK. Dari biodata yang terkumpul selama kami berbincang ternyata beliau adalah orang yang sangat sibuk sekali, dalam kesehariannya setelah mengantar anak-anak sekolah Aisyah mengisi acara-acara yang sudah disepakatinya. Rupanya Aisyah adalah aktivis peduli perempuan dan anak-anak. Kiprahnya membuat saya tercengang, betapa setelah bertemu Aisyah saya menjadi berfikiran terbuka dan mempunyai cara pandang baru tentang sebuah kecantikan.  Beliau menceritakan tentang cantik versinya, baginya sering-seringlah meng-update informasi apapun tentang dunia maka kita akan terlihat cantik dari dalam. Tahukah, bahwa Aisyah terlihat cantik sekali.


Namanya, Dia setuju untuk saya panggil Fatima yang adalah teman karib saya.  seorang Ibu yang repot sekali mengurus kebutuhan anaknya yang berjumlah 3 orang, dan kesemuanya laki-laki. Tak terbayangkan oleh saya mengurus ke-empat laki-laki dalam sebuah rumah (termasuk suaminya) tapi dia selalu sempat menyiapkan baju untuk kerja suaminya dari mulai pakaian dalam, sisir, kaos kaki, HP, semua tersusun rapi di atas kasur, setiap hari. Baginya, pastilah seorang Ibu merasakan stres yang luar biasa jika pagi hari dimana masing-masing anak mempunyai keinginan dan keperluan berbeda. Tapi, yang saya amati di wajahnya tidak terlihat jerawat sekalipun. Wajahnya berseri bahkan seperti adik kakak dengan anaknya. Menurut Fatima, sering-seringlah berwudhu membersihkan wajah setiap sebelum tidur dan ikhlaslah terhadap tugas-tugas sebagai Ibu.  Dari Aisyah dan Fatima saya belajar sesuatu yang bisa saya simpulkan.

Dalam kehidupan seorang perempuan tak lepas dengan kecantikan. Bahkan ada beberapa dari perempuan yang tidak ingin terlihat tua. Apapun, dilakukan untuk menjaga agar tetap terlihat cantik. Tetapi bagi seorang muslim kehalalan sebuah produk yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari adalah kewajiban dan tidak bisa ditawar lagi, dan saya adalah salah satu perempuan yang selalu mengutamakan halal dalam semua aspek kehidupan termasuk kosmetik.  Jika barang yang dipakai didapatkan dengan halal, pasti barokah. Dan begitu pun dengan produk kecantikan.

Sejak masih remaja Alhamdulillah kulit saya yang berjenis kering ini tidak terlalu susah untuk dirawat. Hanya memakai pelembab saja saya sudah merasa wajah saya baik-baik saja. Hingga saat usia bekerja mulailah saya dituntut untuk tidak sekedar merawat wajah tetapi juga berhias. Bahkan setelah menikah, tuntutan berhias lebih diutamakan yaitu untuk membahagiakan suami. Pernak pernik alat hias saya pun mau tidak mau semakin bertambah.

Pemilihan Kosmetik

Sudah sekitar tiga tahun yang lalu, saya intens menggunakan Wardah. Sebuah kosmetik halal yang sudah teruji kualitasnya. Dalam memilih kosmetik saya tidak asal pilih ada beberapa acuan yang menurut saya wajib diperhitungkan dalam memilih kosmetik.

1. Kehalalan

Dalam menggunakan kosmetik, cream yang kita pakai serta merta merasap kedalam pori-pori menjadi kulit dan daging. Sesuai kekomitmen awal, halal adalah wajib, begitu juga kosmetik.

2. Sah atau Memiliki kode Legal

Dalam memilih kosmetik saya tidak asal comot. Sebuah produk yang sudah terdaftar akan menjadi pilihan agar kecantikan dan efek samping yang ditimbulkan bisa teratasi dengan mudah. Karena jika suatu merek legal produksinya maka dengan otomatis mempunyai tanggung jawab yang besar dengan konsumennya.

3. Memiliki aturan pemakaian

Aturan pemakain sangat penting agar kita tidak salah dalam mengaplikasikan tujuan yang diinginkan.

4. Memiliki tanggal kadaluarsa

Produk yang memiliki tanggal kadaluarsa akan mempengaruhi kualitas produk yang kita pakai dan efek samping yang ditimbulkan.

5. Tercantum nama dan alamat Produsen

Tentu ini sangat penting karena jika kita mengalami masalah kita bisa langsung menghubungi alamat yang bersangkutan, itu berarti produsen ini sangat profesional dan bertanggung jawab.

6. Komposisi bahan

Beberapa tahun yang lalu sedang trend sekali sebuah cream yang bisa memutihkan wajah secara instan . Alhamdulillah karena saya tidak gampang tergoda maka itu tidak terjadi pada saya. Ternyata cream tersebut mempunyai komposisi bahan berbahaya seperti ; Merkuri/Hg, Hidroquinon bahan ini diluar negeri sudah dilarang akan tetapi di Indonesia masih di batasi hingga 2%. Lemak kolagen dan elastin yang dikwatirkan berasal dari lemak hewan yang haram .

Dan kosmetik wardah memiliki semua syarat di atas. 

Dalam kehidupan sehari-hari saya mempunyai rutinitas yang Insya alloh saya jaga keteraturannya. Merawat diri adalah wujud ibadah pada sang pencipta, dimana kita bersyukur karena telah dikaruniakan wajah yang sempurna dan mempunyai panca indera yang lengkap. Belajar dari Aisyah dan fatima inilah kegiatan merawat diri ala saya.

1. Merawat diri dari ujung rambut sampai ujung kaki
2. Dari membuka mata sampai menutup mata (tidur) dan 
3. Dari dalam (Rohani) dan dari luar (jasmani)
Dengan:

1. Selalu membersihkan badan/ mandi minimal 2 kali sehari. Mandi adalah penting, walaupun badan tidak berkeringat atau bau membersihkan badan penting agar kulit terjaga kelembabannya. Selain itu, dalam beberapa penelitian  mandi air hangat  juga bermanfaat bagi penderita diabetes, eksema, insomnia, flu dan masih banyak lagi.
Menemani sikecil Berenang
 Diusahakan selalu berwudhu, selalu memberi pelembab pada wajah jika akan keluar rumah. Memberi sunblock jika saya akan terpapar matahari.

2. Menjaga tidur

Tidur yang baik dan cukup sangat membantu wajah terlihat cantik dan segar. Kurang tidur bisa mengakibatkan saraf-saraf wajah sedikit terganggu kelenturannya. dan sudah pasti membuat wajah kita sedikit berkurang kecantikannya bukan?! wah bahaya (hehe)

3. Berpuasa Senin Kamis

Kelenturan kulit bergantung juga pada makanan apa yang dikonsumsi? Dalam islam puasa adalah salah satu cara seseorang menyehatkan ruhani dan ternyata menyehatkan jasmani . Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa puasa bisa menyehatkan. Dan tubuh menjadi ideal.

4.Mengkonsumsi makanan bergizi

Tak bisa dipungkiri makanan yang baik, buah-buahan dan sayuran yang baik bisa berpengaruh pada kecantikan dan kelembaban kulit.
wardah

5. Selalu positif thinking

Mempunyai hati yang bersih akan terpancar loh dari wajahnya yang selalu berseri, apapun warna kulitnya. Percaya deh ! (seperti kata Aisyah teman saya yang diatas).

6. Gali potensi diri agar percaya diri dalam kehidupan sehari-hari

Selain nutrisi dari dalam diatas, nutrisi luar juga selalu diberikan, diantaranya dengan merawat wajah. Wajah adalah salah satu daerah kulit yang sensitif. Sebelum memilih kosmetik ada baiknya kita tahu jenis kulit apa wajah kita? Berminyak, kering atau normal . Jika sudah tahu kita akan tenang mengaplikasikan dalam keseharian.
Graduation
Hangout bareng teman
  • Setelah berhias dan menjelang tidur jangan pernah malas untuk membersihkan sisa riasan sebelum   tidur. Sisa riasan akan menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.
  • Menggunakan cream malam saat menjelang tidur
  • Berhias bagi saya adalah keharusan, tapi berhias yang pas dan tidak salah tempat itu juga sesuatu yang tidak boleh diabaikan. Kita harus pandai-pandai berhias dengan mencocokan kemana kita akan melangkah. Jika hanya di rumah tentu akan berbeda dengan berhias dengan di bawah sinar matahari, karena perawatannya pun akan berbeda. 
  • Saya biasa memakai riasan ringan dan tidak berfoundation jika hanya hangaout dengan teman, atau jika kita akan memakai foundation harus benar-benar kering dan tidak tebal agak kesan menor tidak terlihat.
  • Sesekali untuk facial atau merawat tubuh di spa juga perlu . Terkadang perempuan butuh waktu untuk sendiri dan memanjakan diri.  
  • Halal is my life wardah is my style

Senang sekali dapat berbagi tips lewat Blog , semoga berkenan dan bermanfaat. Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Wardah dan Blog Detik.

Aku dan Wardah




Daftar referensi:
- Tips pribadi

32 comments:

  1. Keren mak, informasinya lengkap :D

    Insya Allah Menang, Amiiiiiiin..... :D

    ReplyDelete
  2. Ou, lagi ikut kontes to Mak! Halal is my food, Wardah is my wife! Moga menang dg sukses ... :-)

    ReplyDelete
  3. Berhias jasmani dengan wardah... dan rohani dengan keimanan. Subhanallah...

    ReplyDelete
  4. sesama pemakai wardah juga ya mbak. Good luck ya mbak

    ReplyDelete
  5. Barokallohufiik... kereeen tulisanyaaa... *jempol

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya eh saya gak bisa liat alamat anonim nih.. kan mau main kerumahmu juga :D

      Delete
  6. Inspiratif tulisanya Mak...good luck yaaa...

    ReplyDelete
  7. Benar, kecantikan yang terpancar dari dalam diri bukan hanya perkara fisik saja, tapi yang tak terlihat bisa menjadi satu pencaran yang luara biasa, inner beauty :)

    ReplyDelete
  8. Saya juga menggunakan kosmetik wardah Mak, bedaknya :)

    Sukses ya Mbak Hana lombanya, semoga menang ^^

    ReplyDelete
  9. punya wardah tapi jarang dipake...:)...kata suami ga dandan aja sudah wonderfullll...#dilemparbedak...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hupppp nangkep bedak mak salma saya juga mau loh mak lemparannya hihi

      Delete
  10. Bener tu mbak...pemilihan kosmetik emang enggak boleh asal, apalagi sekarang ini dimana banyak kosmetik asal banyak bermunculan. Karena itu selain berkualitas serta terjangkau, kosmetik juga harus terjamin kehalalannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul hehe gimana mas muis cowok metroseksual juga gak nih? :)

      Delete
  11. Milihan Kosmetik Tradisional buatan sendiri dijamin HALAL Tapi ragu juga untuk
    1. Sah atau Memiliki kode Legal
    2. Memiliki aturan pemakaian
    3. Memiliki tanggal kadaluarsa
    4. Tercantum nama dan alamat Produsen
    Secara juga ngak punya merek :LOL

    ReplyDelete
  12. Seorang muslimah memang harus hati-hati memilih kosmetik agar tak tercemar dengan barang yang tidak halal. termasuk memilih parfum.
    Cantik
    Semoga berjaya dalam kontes
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  13. sukses ya, buat ngontesnya... Saya juga suka Wardah :)

    ReplyDelete
  14. kereen, lengkap...sukses ya mak...btw, aku juga ikutan, belajar ngontes ni, baru pertama...:-)

    ReplyDelete
  15. cantiknya emak satu ini.. Semoga menang ya mak Hana. Eh itu foto graduation apa ya? *kepo :D

    ReplyDelete
  16. Semoga sukses ya mbak :)
    Dan selamat hari raya..

    ReplyDelete
  17. uwah komplit plit plit deh.....sukses kontesnya makkk ^^

    ReplyDelete
  18. bila halal begini tentu makenya lebih mantap ya mbak...
    semoga sukses ya mbak...

    ReplyDelete
  19. Selain hati tenang karena sesuai syariat, pake produk halal juga bikin percaya diri ya Mbak. Jadi makin kreatif berkarya :) Semoga menang...

    ReplyDelete
  20. Selain bikin cantik juga bikin gak merasa bersalah karena kandungan kosmetikna halal :)
    nice post mba

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu