Sunday, April 28, 2013

Loading Vs Unloading


Foto waktu Tk Udah mulai happy
Usia Kinan sudah lima tahun, pas bulan Maret 2013.  Alhamdulillah, perkembangan di sekolah cukup bagus. Dalam hal adaptasi cepet banget. Meski pertama sekolah sempet nangis sampe pegang-pegang Emaknya gak mau lepas. Ternyata besoknya sudah mulai ga pake mogok.

Saat test pertama masuk sekolah, saya pikir lulus di TK- A, gak tahunya lulus ke TK-B karena sebelumnya memang sudah tahu abjad dan warna. Jadi masa di TKnya cuma satu tahun. Baru dua bulan sekolah perkembangannya sudah lumayan pesat.



Percakapannya juga sudah lumayan baik, kata gurunya. Pas saya test di rumah untuk baca ternyata memang sudah bisa baca. Minimal baca kata-kata yang pendek. Berhitung dan pengurangan juga sudah lumayan mahir . Sampe berhitung hingga angka 100. Beda sekali sama Emaknya dulu hehe

Alhamdulillah semoga aja bisa terus mengikuti setiap pelajaran dengan baik. Bukan bermaksud membedakan. Kinan ini suka sekali belajar, dalam artian gak nunggu disuruh , di rumah dia suka sekali pegang papan board dan nulis seperti guru. Apa aja ditulis dari mulai berhitung , kata-kata atau pun gambar. Saya sering sekali beli spidol buat dia. Tapi rasanya semua terbayar kalau anak kita enjoy ya.

Sisi kekurangannya bukan tak ada, Kinan jadi suka di rumah. Kalau bertemu orang baru di luar rumah. Dia loadingnya lama sekali, kecuali teman itu teman sekolah.

Nah kalau zidan, belajar harus nunggu disuruh, kecuali ada PR. Sedangkan untuk EQ-nya dia suka sekali bergaul dengan siapa aja. Berteman dan berinteraksi ga pake loading.

Menyenangkan ya memperhatikan tumbuh kembang  anak-anak , Setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Begitu juga kita. Itulah mengapa setiap anak Istimewa.

Awal bulan September 2013 Kinan sudah mulai masuk Grade 1 atau kelas 1 SD, usianya masih 5, 6 bulan. Setelah bulan agustus full untuk mudik awal september memasuki Grade saya seperti kembali masuk TK. Ini sudah hari ke empat dia sekolah tapi masih aja saat pulang sekolah dia duduk dekat kaca jendela, dia bilang

"Mama, Kinan besok gak mau sekolah"..

Empat hari sudah setiap dia pulang sekolah ngomong begitu, apa lagi diiringi derai air mata . Huhuhu Mamanya jadi pengen meluk dan cuma bisa diem , karena pernah saya kasih arahan ini itu eh malah ada badai nangisisasi.. (ups)!

Saat saya tanya ada apa disekolahnya, ada kesulitan atau tidak dia bilang.

"Pelajarannya Ok, Teachernya, Ok. Yang gak oK friend nya."

Owh ternyata dia beradaptasi dengan teman baru, dia memang udah nyaman dengan temen TKnya yang sudah dikenal lama, lalu harus beradaptasi dengan yang baru ternyata proses Loadingnya lama sekali. Kesimpulannya, saat saya menulis ini semoga Emak- Emak kece ada yang bisa kasih saran dan masukan supaya Kinan Loadingnya cepet dalam bersosialisasi dan mengurangi nangisnya. 

Thanks ya Mak sudah membaca dan memberi saran :D 





7 comments:

  1. Kina usia 5 tahun kelas 1 SD, wow hebat ya . Yup , setiap anak memang istimewa :) ketjup sayang buat Kinan ya Mak :))

    ReplyDelete
  2. Insya alloh bulan september nanti masuk SD mak :D

    wah kinan pasti senang sekali dapet kecupan dari emak keren. Terimaksih ya mak Vanda sudah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Loh, postinganya bulan april.. berarti skrg udah masud SD mak hehehe...

    sama kyk ponakanku mak, tapi pas udah sekolah lama-lama nggak nangis lagi, butuh penyesuaian aja kyknya karena belum biasa

    ReplyDelete
  4. Dulu, aku termasuk anak yang sulit sekali beradaptasi dengan teman baru. Apalagi jika si teman baru itu suka mengejek atau becanda yang merendahkan, langsung sensi deh akunya. Ngamuk, berantem bahkan ga segan2 nangis dan kadang berani mukulin si teman. Hehe. Tapi lama-kelamaan, dg bantuan ayah yang bicara ke ibu guru, dan ibu guru turun tangan untuk mendamaikan kami, membuat kami [anak-anak] merasa nyaman satu sama lain, problem solved.

    Kalo Intan lain lagi, paling gampang beradaptasi. Baru ditinggal sebentar, eh udah punya teman baru. :).

    Setiap anak memang istimewa, Mak. Saranku sih coba terus utk berkomunikasi dg Kinan dari hati ke hati, seraya menempatkan diri sebagai sahabat yang akan terus membantu dan membuatnya nyaman. Tentu ada sebabnya kenapa Kinan merasa tidak OK dg friends nya, dan dari sana nanti akan bisa emak Hana cari solusi penanganannya. :)

    ReplyDelete
  5. arrgghhh kinan makin manis aja sih mak.....gpp mak, biarkan saja kinan mengenal teman-temannya dnegan caranya sendiri..ya seperti di TK dulu,semoga kinan banyak teman,kinan kan anak manis...mana senyumnya???? *mwah tlepoks bt kinan,emaknya nyusul ya :D

    ReplyDelete
  6. Kinaaaan..sama deh seperti tante. Aw...pernah tante berdoa ketika pelajaran matematika...ayoo jemput dong buu...hihiii .

    Yo opo yo rek? kalau tante di posisi bundamu...tante akan mendekatkan Faiz dengan teman-temannya, tante akan berusaha membaur dengan teman-teman Faiz. Kalau Faiz masih merasa kurang nyaman...ya, tante akan membuat afirmasi : Sayang, teman-teman Faiz baik dan sayang lo sama Faiz, Faiz pasti akan nyaman bermain dengan mereka, Faiz juga pasti bisa...ya ya ya...

    Hiks, kasihan juga kalau hanya karena teman, anak kita rada ogah untuk sekolah *
    Ting...semangat Kinan.

    ReplyDelete
  7. Iya ya mak, setiap anak ada lebih dan kurangnya. Ada yang pandai bergaul tapi agak susah di suruh belajar, ada juga yang pinter belajar tapi agak susah dalam bergaul, dan lain-lain..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu