Friday, November 18, 2016

Berada di Bandara? Ini Hal yang Harus Diperhatikan!



Traveling mengelilingi kota-kota yang ada di Indonesia sepertinya menjadi impian banyak orang. Ada yang memiliki uang berlebih, tetapi tidak punya cukup waktu untuk berkeliling. Dan sebaliknya. Ada yang punya waktu luang penuh, hanya saja cuma memiliki budget  terbatas.
Terlepas dari kendala tersebut, jika suda menetapkan kapan akan berpergian menjelajahi sudut pulau di Indonesia, pastikan kamu memilih kendaraan yang tepat untuk mengantarmu ke tempat tujuan.

shutterstock.com



Apabila kamu ingin traveling ke Sulawesi atau Sumatra, kamu akan menginjakkan kaki di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, yang dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I, di mana bandara tersebut merupakan salah satu bandara dengan fasilitas terbaik di Indonesia. Bandara ini memiliki dua landasan pacu. Landasan pacu yang pertama mempunyai panjang sampai 3.100 m x 45 m. Sementara landasan pacu kedua yaitu sepanjang 2.500 m x 45 m.

Nah, pesawat yang ada di sana bukan hanya untuk wilayah Sulawesi dan Sumatra saja, sih. Bisa juga di bandara tersebut kamu lanjut ke daerah seperti Wakatobi, Fak Fak, Mamuju, Manokwari, Nabire, atau wilayah pulau jawa seperti Yogyakarta, Bandung, juga Surabaya.

Salah satu maskapai yang dapat membantu perjalananmu adalah Xpress air. Kamu bisa pesan tiketxpress air online dengan mengunjunginya melalui Traveloka.
Meskipun berada di salah satu bandara yang memiliki fasilitas terbaik, ada beberapa hal yang perlu kamu catat selama di Bandara. Apa saja, ya?

pexels.com

1. Perhatikan Kapasitas Bagasi Maskapai Penerbanganmu.
Sebelum kamu berangkat, saat memesan pesawat secara online kamu akan melihat berapa kapasitas barang yang boleh dibawa di dalam bagasi maskapai penerbanganmu.
Setiap maskapai dan setiap tujuan tertentu, memiliki batas maksimum tersendiri. Kamu harus cermat berapa jumlah maksimal bagasi maskapai yang akan kamu gunakan.
Nah, jangan sampai kamu membawa barang berlebih jika tidak ingin mendapat kesulitan selama di sana, ya.

2. Tandai Barang-barangmu!
Kamu yang sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat, mungkin peringatan ini hal yang biasa. Tetapi untuk rekanmu (atau mungkin kamu?) yang baru kali pertama naik pesawat, pastikan untuk menandai tasmu dengan label atau kunci yang kamu kenali. Bandara tempat yang sangat luas. Tidak menutup kemungkinan tas atau koper bawaanmu akan tertukar dengan milik orang lain.

3. Ketahui Pintu Terminal-mu.
Setelah kamu memesan maskapai, paatikan kamu tahu harus masuk di pintu terminal berapa. Ada banyak pintu di bandara dan saking luasnya tempat tersebut, kamu tidak bisa sekejap berada di pintu lain jika salah masuk. Karena itu, pastikan dan ketahui lebih dulu harus masuk di pintu mana dan selali check in jauh sebelum jam keberangkatan, ya.
Jika kamu kesulitan mencari pintu yang dimaksud, jangan pernah sungkan bertanya pada petugas. 

Pixabay.com
 


4. Patuhi Aturan yang Berlaku.
Ada banyak aturan yang berlaku jika datang ke Bandara dan harus dilakukan sebelum masuk ke dalam pesawat. Patuhi aturan tersebut, terutama bagian di mana kamu harus emmatikan ponselmu sebelum dan sesudah keberangkatan. Selain untuk mematuhi aturan, hal tersebut pun dapat membantumu agar selamat selama perjalanan.

5. Jaga Kebersihan.
Meskipun berada di bandara yang lengkap seluruh pelayanannya, kamu jangan sampai merusak fasilitas di sana dengan tidak menjaga kebersihan. Mulailah lakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, atau menaruhnya terlebih dahulu di dalam tasmu.
Selain itu, jaga juga kebersihan kamar mandi serta kursi ruang tunggu di sana. Karena tempat yang rapi dan bersih tidak bisa selamanya diurus oleh petugas. Kita pun harus ikut aktif menjaganya.

Bagaimana? Beberapa bandara di Indonesia sudah mulai bagus dan membuat kita sebagai pemumpang merasa nyaman. Tapi di bandara manapun kita, tidak akan merasa nyaman jika pergi tidak dengan restu orang tua. So, pastikan kamu telah meminta izin atau setidaknya memberi kabar pada keluargamu akan pergi ke mana dan berapa hari. Malah, akan lebih baik jika kamu membawa buah tangan untuk mereka sepulang dari tour traveling-mu.

9 comments:

  1. hai mbak Hana, kita saling menyapa di IG lho. Met ngeblog lagi...Sukses selalu...

    ReplyDelete
  2. Hihihii aku jadi inget, setiap kali mau ambil bagasi selalu bingung, yg mana yaaa koperku, kok kayak sama semua :))

    ReplyDelete
  3. Aku malah belum pernah masuk bandara, belum pernah naik pesawat terbang sih hehehe.

    ReplyDelete
  4. Halo mbak Hana..makasih tips2nya ok bgt. Kita sdh berteman di IG. Salam kenal deh. Tq. Blog aku di www.nurulsufitri.com

    ReplyDelete
  5. The article you have shared here very good. This is really interesting information for me. Thanks for sharing! by Refill Toner

    ReplyDelete
  6. Mbak...salam kenal yah, senang bisa berkunjung kesini. Ditunggu visitnya di www.duniakecilsamya.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu