Monday, September 12, 2016

Indonesia Waspada Virus Zika



Hai September.. 

Ingat September ingat winter ya..  winter biasanya kalau di Indonesia sih masanya musim hujan. Walaupun hujan merupakan anugerah Tuhan tapi kita juga perlu mempersiapkan fisik yang baik supaya kesehatan tetap terjaga. Minum the di gemericik hujan juga adalah suasana yang ngangenin banget kan! Apalagi sambil makan pisang goreng dan ngobrol bareng keluarga, bertukar kabar dan cerita bareng anak-anak kegiatan apa aja yang dilakukan seharian. Asli suasana diluar yang dingin karena hujan bisa jadi hangat banget. Setuju deh pasti Blogger kan?!

Musim hujan biasanya identik dengan suasana lembab genangan air dimana-mana dan halaman rumah biasanya juga kotor. Biasanya penyakit juga berdatangan dari mulai gatal-gatal sampai dengan nyamuk dan lalat yeng beterbangan membawa virus penyakit.

Seperti baru-baru ini yang sedang hangat terjadi di beberapa Negara Asia, yaitu virus Zika padahal sebelumnya virus Zika hanya ditemukan di Negara Afrika dan kawasan Asia fasifik. Namun sekarang kawasan Asia seperti Singapura dan bahkan Indonesia sudah mulai terjangkit virus Zika.
Seperti dilansir  berita Virus Zika Sindonews.com pemerintah melalui menteri kesehatan telah mengeluarkan travel advisory untuk warga Indonesia supaya tidak bepergian ke Singapura dalam waktu dekat.  Karena penyebaran virus di Singapura  sudah menjangkiti sekitar 114 warga, walaupun belum diketahui bahwa ada warga Indonesia didalamnya.
Pengeluaran travel advisory tersebut belum sampai kepada travel warning. Akan tetapi mengingat bahaya virus ini sama bahayanya jika menjangkiti ibu hamil. Dimana virus ini dapat juga menular kepada janin yang dikandung. Jadi pemerintah sudah sangat baik dalam mengeluarkan travel advisory tersebut untuk melindungi warganya, apalagi ibu hamil. Dimana terkadang kondisi ibu hamil juga sangat sensitive terhadap penyakit.

Lalu bagaimana jika sudah ada di Singapura atau akan pulang dari singapura? Dalam hal ini pemerintah menghimbau agar warga yang datang dari Singapura mengecek kesehatannya dan memperhatikan jika mengalami demam yang tidak biasa.

Setiap Bandar udara juga mengadakan pemeriksaan terkait virus ini. Seperti Bandar udara internasional ahmad yani semarang. Setiap warga/turis yang datang dari singapura mendapat pemeriksaan suhu tubuh dimana ada alat terpasang untuk mendeteksi suhu tubuh diatas 38 derajat Celsius. Dalam alat tersebut akan tertera lampu-lampu yang mendisplay warna dan akan bernunyi saat suhu mendekati 38’c dan akan menyala lampu kuning. Bukan hanya Ahmad Yani, bandara soekarno hatta juga melakukan hal yang sama, pemeriksaan dilakukan pada setiap warga yang baru datang dari Singapura.  Bandara adi sudjipto juga bersiap melakukan hal yang sama. Siaga pemeriksaan virus Zika.

Menurut saya pemerintah sudah melakukan tugasnya dalam mendeteksi dan memberi himbauan. Peran kita sebagai warga juga harus diperhatikan seperti selalu menjaga kebersihan dan langsung melakukan pemeriksaan jika ada merasakan kondisi fisik tidak sehat sesuai gejala virus zika.
Seperti layaknya virus yang disebabkan nyamuk, pemeliharaan lingkungan sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan sebagai upaya pencegahan. Bepergian ke luar negeri juga sebaiknya dihindari jika tidak ada kepentingan sangat mendesak, begitu saran dari pemerintah untuk upaya pencegahan tertular atau terjangkitinya virus Zika bagi warga Indonesia.

So hati-hati dan tetap jaga lingkungan yah. Jangan sampai sahabat Blogger terkena virus ini. Tetap update juga berita terbaru tentang berbagai info kesehatan ya, supaya septembernya selalu ceria dan hangat. 

See you in next theme.. gaesssss

1 comment:

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu