Monday, September 3, 2012

"Peuyeum" puan perkasa

Haii .. *sambil nyengir  3 jari*. Ini oleh oleh mudik yang kali ini saya bawa..
Karena orang tua saya tinggal di Garut, dan keluarga lain juga ada yang di bandung , pasti udah bisa nebak dong apa oleh oleh dari sana? yup pasti empek-empek iya kan??? *ngawur banget ya* bukan donng dodol dan tape pastinya . 

Tapi sayang, kemaren dodol nya udah kehabisan. jadi saya cuma bisa bawain tape singkong aja. Tape singkong atau yang kita sebut peuyeum rasanya .. hmmmm yummy deh pokoknya . walau udah melalui proses permentasi tapi rasanya enakkk.. * itu juga bagi yang suka ya* tapi klo para pria sih biasanya suka peuyeumpuan macam ini.. *hihi * makin ga jelas.


yuk, mulai serius akh.. oleh oleh yang saya bawa ini adalah oleh-oleh spesial karena saya melihat langsung dari mana tape-tape manis dan yummy itu berasal. Dan yang paling mengagumkan semua itu melibatkan seorang perempuan yang hebat . Tahukah teman, darimana singkong-singkong itu berasal?.

Singkong berasal dari para petani yang menjual pada seorang bandar, singkong pun diterima oleh bandar dalam keadaan sudah terkupas .seperti ini ;







kebetulan saya berbincang langsung dengan bandarnya yang adalah bibi saya sendiri. Yang sangat mencengangkan ketika melihat bibi menimbang singkong yang beratnya mencapai 50-60 kg . Timbangan yang diangkat di pundak, dengan tangan sebelahnya menimbang agar timbangan nya seimbang. seperti ini loh alat penimbangnya.

Penasaran melanda saya waktu itu. Saya pun mencoba menimbang seperti yang bibi lakukan. oughh ternyata 60kg itu beraaaat sekali . Lalu dari seorang bandar itu maka akan dikirimkan ke pabrik singkong . ada yang dibuat untuk aci atau tepung tapioka ada juga yang di buat tape dan keripik . 



begini cara menimbangnya
tapi tahukah teman berapa harga dari sebuah singkong yang masih mentah ini ?? hanya dihargai Rp.1000,- rupiah /kg nya. Padahal waktu saya mampir di sebuah peristirahatan, saya membeli tape itu seharga Rp.8000,- . ini loh fotonya kalau tidak percaya.. *Niat banget narsismya ya* biarin deh ini kan blog saya * hihi . O ya , saya juga bertemu si cepot , dan tak lupa foto bareng.





sudah dulu ya teman-teman,.. mau menghabiskan peuyeumnya dulu nih :D
Label

2 comments:

  1. bener2 perkasa ya bs ngangkut sp 60kg

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener mba klo saya sih salut karena dari tinggi badannya tidak lebih dari 145 m.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu