Wednesday, April 17, 2013

Srikandi Blogger 2013 : Blogger Shalihah Harus Berbagi Berbagi dan Berbagi


Aku Blogger Shalihah : Credit
Saya menjadi 50 Unggulan  Srikandi Blogger 2013? Enggak pernah disangka sebelumnya, awalnya malu-malu untuk mendaftarkan diri, tapi karena semua Emak keren di grup KEB itu sangat hebat dalam hal menyemangati, maka saya pun akhirnya luluh dan mendaftar. Dan hasilnya nama saya masuk dalam jajaran  Emak keren sejagat Blogger Indonesia , sebagai Unggulan Srikandi Blogger 2013. Padahal, riwayat ngeblog saya amat sangat sedikit dibandingkan yang lainnya. Sedikit berbagi tentang behind the scene bagaimana awal mulanya saya menjadi Blogger.

Hobi menulis membuat saya sering menuangkan isi hati lewat buku harian atau Diary. Seringnya berpindah-pindah tempat tinggal,  membuat saya tak jarang membuang begitu saja buku-buku harian yang sudah penuh dengan membakarnya terlebih dahulu *takut rahasianya terbongkar hehe* .Saat itu, sering merasa kerepotan dan kadang terlupakan begitu saja untuk mengangkut diary-diary itu untuk dibawa pindah.

Padahal tidak sedikit pengalaman hidup yang saya tumpahkan dalam bentuk puisi atau prosa. Prosa? iya prosa. Saya menamai prosa setelah saya tahu dan belajar bahasa indonesia. Sebelum tahu tata bahasa, yang saya tahu hanya menulis saja. Setelah masa SMU saya tak lagi sering mengisi buku harian. Karena saat itu saya sibuk sekali menghitung uang negara yang tak pernah terlihat bentuknya* Karena  saya sekolah SMK jurusan Akuntansi *

Masa-masa SMK terlewati tanpa sastra, Yang ada dipikiran saya hanya lubang-lubang angka yang bergelinding. Jutaan bahkan milyaran, akan tetapi saya tetap kembali pulang sekolah dengan naik angkot. Uang milyaran lenyap seketika bersamaan dengan bunyi bel tanda pulang sekolah. Apalagi image anak akuntansi yang jauh dari kesan rapi seperti anak-anak jurusan lain, sebutlah jurusan sekretaris yang selalu menyisir sebelum pulang sekolah di kelasnya. Beda sekali dengan anak-anak Akuntansi yang selalu berjibaku dengan buku tebal dan rambut kusut, gegara memikirkan sebuah angka "nol"  yang hilang. Saya jadi ingat Betty La vea.

Hobi menulis terlupakan sejenak sampai saya meluluskan SMK. Setelah bekerja saya mulai mempunyai Me time.  Hobi menulis mulai ditekuni lagi. Dan kembali membeli buku-buku harian. Sampai saya menikah, menulis sepertinya mulai tak tersentuh lagi. Kesibukan sebagai istri dan ibu baru, membuat saya tak sempat meluangkan waktu untuk menulis. Bahkan untuk sekedar Me time.

Setelah Saya mengikuti suami untuk pindah domisili di UAE, kehidupan saya sedikit berubah. Berubah dalam artian, sedikit banyak mengetahui bagaimana cara menyiasati dalam pengurusan rumah tangga. Padahal kondisi sekarang sangat jauh dari sewaktu di Indonesia. Disini saya melakukan semua kegiatan Ibu rumah tangga pada umumnya sendirian! Tak ada pembantu rumah tangga ataupun sekedar buruh setrika. Tetapi saya bisa melakukan semuanya sendiri. Bahkan kue-kue yang biasanya dibeli di Indonesia saya bisa membuatnya di rumah. Asyiknya Blogwalking mencari resep .

Persamaannya adalah,  saya tetap di rumah, tetapi saya bertemu banyak orang lewat jejaring sosial melalui internet. Kecanggihan teknologi memudahkan saya untuk mencari tahu dan mendapatkan ilmu apapun yang saya butuhkan. Dan pertemanan yang saya jalin lebih pada sisi kualitas. Apalagi saat saya bertemu grup ibu-ibu menulis yang selanjutnya mengabungkan diri dalam grup Emak Blogger. Kehidupan saya menjadi semakin berwarna dan bermanfaat. Menulis curahan hati pun tidak dalam Diary lagi tapi saya tulis dalam Blog, jadi jika pun penuh tidak usah dibakar lagi.

Tentunya menulis dalam Blog tak seperti menulis dalam Diary, ada beberapa hal yang mestinya tidak disebarluaskan, Seperti pengalaman dalam negeri rumah tangga. Bersamaan dengan itu rasa sesal pun sedikit menyelinap. Ternyata saya melewatkan masa muda dengan lambat. Padahal Emak-Emak lain mungkin sudah lebih sukses dari saya. Tetapi baiklah, lupakan melihat keatas, saya mencoba melihat sekeliling. Berdasarkan pengalaman yang saya amati disini, saya melihat Emak-Emak yang melek internet atau pun mempunyai Blog kurang dari 20 orang. Padahal , Emak Indonesia yang bermukim di sekitar saya ini sekitar 300 orang.

Dengan menjadi unggulan Srikandi Blogger 2013, saya dibebaskan untuk membidikan busur panah yang saya miliki. Dan sebenarnya ini bukan menjadi Srikandi atau Tidak. Terpilih atau tidak nya saya sebagai Srikandi Blogger saya akan tetap melakukan keinginan saya ini. Walaupun, masih tahap belajar, tetapi saya mempunyai motto

Sampaikan walau satu ayat. Berbagilah sedikit ,tetapi sering!

 
Jadi , walaupun ilmu saya tentang Blog masih sangat minim, tetapi saya ingin sekali mengajak Emak-Emak untuk mulai mengaktualisasikan diri melalui menulis, khususnya di Blog. Apalagi di tempat saya kini bermukim, Koneksi Internet sebagai satu penunjang penting dalam dunia Blog, sangat lancar. Saya ingin Emak-Emak menghabiskan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat seperti menulis dan membaca. Karena tidak sedikit Emak-Emak disini yang hanya menghabiskan waktu untuk mengobrol dan mengikuti puluhan acara arisan, bahkan ada acara nyertika bareng. Ckckckc

Semua kegiatan mereka itu memang tidak melulu negatif, tetapi 80% dari mereka sangat menggantungkan diri dengan suami. Seperti contoh, tak bisa pergi ke klinik karena tidak bisa bahasa inggris, tidak bisa kesekolah menemui guru karena lagi-lagi tak pandai dalam hal bahasa. Mungkin ada yang bertanya dari mana saya tahu semua itu? Semua informasi didapat karena, sebagian dari mereka pernah curhat.

Tak jarang, beberapa Emak pernah meminta saya mengantar mereka ke Bank, ke Sekolah dan  pergi ke Hospital hanya untuk jadi translater dan seksi sibuk. Kebetulan juga karena saya baru-baru ini ditunjuk menjadi Dewan Pers kecil-kecilan komunitas kami.

 Jadi mengajak mereka mempunyai Blog, kemudian berharap rajin blogwalking, maka rasa percaya diri mereka akan tumbuh dan bisa mandiri di negeri orang. Karena sesungguhnya Emak-Emak itu lebih pintar dari saya hanya saja rasa Pede dan rasa takutnya lebih besar. Beda sekali dengan saya yang modal nekat.

Tujuan Srikandi Blogger 2013 adalah untuk merealisasikan kegiatan menulis baik offline maupun online. Dikarenakan saya jauh dari Indonesia dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan dengan Offline. Maka kegiatan untuk Emak-Emak disekitar Ruwais menjadi agenda offline saya. Adapun secara Online saya akan tetap menulis dan berbagi informasi yang dibutuhkan melalui Blog.

credit


Blog memang universal, tetapi kita harus mengemasnya sefungsional mungkin. Kehidupan rumah tangga, bersosialita bahkan bernegara dan segala perniknya, membutuhkan pengetahuan yang tidak ada sekolahnya. Melalui tulisan yang kita tulis dalam setiap blog , semoga bisa menjadi ilmu kelak dikemudian hari untuk adik-adik kita atau sanak saudara yang baru akan memasuki usia pernikahan. Menjadikan menulis untuk saling berbagi informasi adalah motto-motto blogger yang harus terus dijadikan acuan.

Salam Hangat 49 Srikandi Blogger 2013 dan panitia Srikandi Blogger. Kalian semua sudah menjadi Srikandi sesungguhnya. 

57 comments:

  1. Yesss!! Pertamax mak Hana...... :D

    Pokoknya sukses dan maju terus buat emaknya Kinan deh... Insyaallah 10 besar... amiiiinnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih banyak ya mak doanya.

      Btw disini pertamax murah * Loh :D

      Delete
    2. itu gambarnya kyk salah satu tokoh di game ragnarok :D
      selamat yak mam :p

      udah jadi 50 srikandi :p

      kalo yang buat bapak2 nggak ada yak?

      Delete
    3. makasih mas rivai. iya itu gambarny dapet pinjem hehe

      mas rivai ikut blog bapa2 aja hehe

      Delete
  2. hayoo mak sebarkan virus menulisnya...
    ajak gabung ke grup juga oke...

    semakin aktif difrup, makin banyak inspirasi untuk menulis...

    semoga terpilih ya mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangatttt :D

      makasih ya mak sudah mampir :D

      sukses untuk kita ya :)

      Delete
  3. wah mak hanna smoga sukses masuk 10 besar ya, setuju sampaikanlah kepada yg lain walpn hanya satu pragraf saja, bisa bermanfaat lebih baik....:), btw aku suka gambar srikandi berburqa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mak, mari kita sampaikan :D

      iya karena aku sering liat yang pake burqo jadi kefikiran deh :D

      Delete
  4. Sedikit sedikit lama kama menjadi bukit *apa coba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya tabungan Mak, hihi

      maklum deket2 gajian jadi ingetnya itu :D

      Delete
  5. Sukses Mba Hana, semoga lolos tahap berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak @ety, kalau aku lolos aku juga ingin ada nama dirimu disana ya :D

      Delete
  6. seru tulisannya mak..sukses ya mak :))

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Terimakasih dan sudah menyempatkan berkunjung ya
      sukses juga untuk mu Mak :)

      Delete
  8. bagi tips me timenya dong, pengen juga tetep asik nulis di waktu padat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dirasa ada yang memerlukan, insya alloh saya share ya di judul yang lain :D

      Delete
    2. terimakasih sudah berkunjung :D

      Delete
  9. Yuk Mak, kita tebarkan virus dan gerakan emak menulis agar makin banyak emak2 yang menyadari kekuatan dari menulis ini. Happy Blogging and success yaaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mak, harus tetap semangat menebar virus kebaikan .

      Makasih ya mak sudah berkunjung .

      Delete
  10. Yuk, terus menulis, Mak Cantik. Love you full. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuks yuk, terimakasih cikgu sudah berkunjung dan memberi asupan semangat :D

      Delete
  11. Selamat ya maak...semoga sukses...^_^
    sama2 menebar virus berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mak winda sudah mampir disela kesibukan sukses untuk kita semua ya

      Delete
  12. Cakep tulisannya mak hana... Smg lancar anak panahnya nancep di 10 besar ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kalah cakep dengan buku-bukunya uni dian :D

      makasih ya :D

      Delete
  13. paling enak kalo blogwalking nemu resep masakan enak, mak hana. jadi pengen nyobain bikin juga, hehe. semangat ya. semoga masuk 10 besar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resep mana toh? aku ndak punya resep unggulan mbak, belom bisa masak :(

      makasih ya sudah mampir :D

      Delete
  14. selamat ya mak hana, semangat dan sukses ya mak

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh mak, saya anak sekertaris, tersindir saya.. *hihihi*

      Maju terus Mak Hana!, semoga menang ya! semangat! :D

      Delete
    2. Makasih banyak, whuaaa pantesan cantik anak sekretaris tohh :P

      hihih

      makasih dukungannya ya aaaa

      Delete
  16. wah nulis udah lama banget ya maaak, semoga melaju terus maak, srikandi blogger abad ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nulis nya lama, tapi maju mundur hehe

      aaminn, tapi minder liat postinganmu :D

      Delete
  17. Sukses mak hana.. Srikandi berburqa nya keren..hehehe.. Iya ya kalo tinggal di luar indo itu kita dipaksa utk mandiri tapi hal yang memudahkan krn teknologinya sudah merambah hingga dapur n kolong kasur... Jadi segalanya lebih mudah dan internetnya cihuy banget. Sama kencengnya di semua tempat. Aku dukung Mak hana maju ke 10 besar

    ReplyDelete
  18. salam kenal....:) setuju sebenarnya panitia acara ini srikandi sesungguhnya...salut buat mak mira sahid

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul salut dengan mba rina juga dan semua nya

      Delete
  19. setuju, Mak. Saya malah sekarang lebih seneng dpt info dr blogger2 ketimbang liat berita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, nyaman sekali sesaui dengan bahasa kita

      Delete
  20. Keren....maju teruuss. Mdh2an sukses dan masuk dlm 10 kandidat srikandi blogger. Jujur, bnyk sekali info dan manfaat yg di dapat dari postingan emak2 blogger.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. mak.. maaf daku ngakak pas baca ada emak" yang nyetrika bareng. solid banget ya mak.. xxixiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah ada yang lebih solid lagi nanti insya alloh saya posting ya

      Delete
  23. Nyetrika bareng? boleh nitip gak Mak? hehehe. Maju terus pantang mundur, Mak Hana. Semoga tembus ke 10 besar. Eh, blognya cantik sekarang :) Aku mencari tulisanmu yang tentang kehidupan emak2 Indonesia di sana, adakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya mak sukses untuk mu juga..

      nanti aku buat postingan tentang kehidupan emak-emak disini ya , semoga ga jadi gossip

      Delete
  24. gambarnya keren mak ditambah lagi dengan tulisannya. Duh aku juga mau dong nitip setrikaan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha suatu saat akan saya posting tulisan tentang emak yg hobi setrika itu ya

      Delete
  25. Selamat ya, Teh. Desi dukung masuk 10 besar. Btw, di Ruwais ada event 'nyetrika bareng' baru tahu hehehe

    ReplyDelete


  26. Itu beneran ada yang yang gosok baju bareng2? Aih, kalau gitu mah keren atuh, Kakak. Berarti kalau diajakin ngeblog bareng2 juga pasti mauuuu, tapi alasan mereka kadang gak bisa nulis :| padahal emang bener, enaknya di LN kalau ngeblog itu kemudahan koneksi. Sukses untuk SKB2013nya, Mak. Semoga LOLOS! :)

    ReplyDelete
  27. Apalagi aku mak, ngeblog baru sumur jagung :) Sukses ya...

    ReplyDelete
  28. Ibu2 bisa saling belajar melalui blog ya mak :)
    Sukses menuju 10 besar yaa

    ReplyDelete
  29. Sukses mak Hana, smoga lolos 10 besar ya. Aku dukung mak .. :)

    ReplyDelete
  30. Untunglah blog bisa dibuka di mana2 ya, Mak. Jadi gak perlu dibakar kalo pindahan hehe...
    Sukses ya, Mak Hana :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu