Friday, May 24, 2013

Setiap Ibu Akan Menemukan "Jodohnya"

3 tahun IIDN
IIDN.org

Napak tilas

Lebih dari setahun yang lalu, saya mengenal grup ini dari seorang teman di Facebook, walaupun domisili saya di luar Indonesia, akan tetapi saya sering sekali mengikuti perkembangan berita dan juga kabar-kabar yang terjadi di Indonesia. Kesukaan akan menulislah yang membawa saya mengenal IIDN-interaktif yang digawangi Teh Indari mastuti, seorang Perempuan yang aktif dan mempunyai semangat menulis yang sangat tinggi.


Kiprahnya didunia tulis menulis memang tidak diragukan lagi. Sejak duduk dibangku sekolah, saat anak-anak lain hanya memikirkan nongkrong di jalanan atau hanya window shopping menghabiskan waktu luang Teh Indari sudah berkutat dengan dunia kepenulisan. Bisa disaksikan kesuksesan yang diraihnya sekarang. Mengembangkan berbagai bisnis yang berhubungan dengan kepenulisan dan juga mengangkat derajat kaum ibu yang selama ini terkurung dengan dogma Sumur kasur dan dapur.
Mengajak seseorang untuk terus maju dan menggali lebih dalam kemampuan diri, itu tidaklah mudah. Apalagi Teh Indari itu menyemangati ribuan orang yang kini menjadi anggota dalam Komunitas menulis Ibu-Ibu Doyan Nulis. Baik IIDN-LN atau pun IIDN-Interaktif. 

Tugas seorang ibu sejatinya sangatlah mulia. Akan tetapi seorang ibu kadang membutuhkan pengakuan, rasa dihargai, dicintai bahkan dibanggakan. Rasa diakui oleh teman, mempunyai komunitas dan juga dibanggakan oleh anak-anak adalah perasaan-perasaan yang manusiawi. Ada rasa bahagia saat seorang ibu bisa dikenal bukan hanya karena menjadi isteri dari suami yang hebat, atau bukan karena menjadi ibu dari anaknya yang hebat. Lebih dari itu, kadang seorang ibu juga ingin memberi kebanggaan pada anak dan suaminya dengan sebuah karya. Apalagi karya yang dihasilkan adalah karya yang benar-benar sesuai dengan hobinya.
Dalam komunitas ini, saya menemukan lebih dari 6000 Ibu rumah tangga dan juga Wanita karir yang hebat. Bagaimana tidak, ditengah kesibukan mengurus rumah tangga, para ibu ini masih sempat menyumbangkan buku-buku indah yang menggoreskan cerita-cerita inspiratif didalamnya.

Menulislah untuk bertemu Jodoh

Ada lebih dari 6000 Ibu, dengan berbagai macam latar belakang kisah hidup, pendidikan pola fikir, bahkan tujuan hidup.  Membuat sesama anggota mau tidak mau dan tanpa disadari bersaing dalam setiap event kepenulisan. Mulai dari lomba Blog, membuat buku, mengirim artikel pada media masa dan lain sebagainya. Akan tetapi suasana di dalam IIDN sangat sejuk terasa. Tidak pernah saya merasa gerah dan apalagi sampai memanas dalam setiap kesempatan. Yang saya rasakan adalah kerendahan hati dan sikap sharing yang sangat tinggi dari masing-masing anggota. Tentunya persaingan itu pun terjadi dengan sehat dan damai. Semua itu tak luput dari peran Teh Lygia Nostalina yang selalu membawa kehangatan sebagai Markom dari IIDN.

Dari semua anggota baik yang aktif ataupun tidak. Sangat disadari, tidak semua mempunyai kesempatan tulisannya menjadi sebuah buku, ataupun dimuat dimedia masa. Akan tetapi saya yakin setiap Ibu-Ibu di sini akan menemukan jodohnya dalam dunia penulisan. Karena kesuksesan itu bukan diukur dari jumlah buku atau jumlah artikel yang dimuat di media masa . Akan tetapi semangat menulis yang terus berkobar itulah yang perlu dipertahankan. Mungkin saya adalah salah satu yang belum menemukan jodoh mempunyai buku dengan penerbit manapun. Padahal saya sudah tergabung dalam Indscript Creative selama setahun. Saya selalu yakin, suatu saat tulisan saya akan bertemu jodohnya. Maka dari itu saya tidak pernah patah semangat, saya memilih jalur menulis artikel untuk media, Alhamdulillah beberapa tulisan tentang Perjalanan, opini dan parenting diterbitkan oleh beberapa media. (disini) Tentunya saya bukan apa-apa dan tak pernah mempunyai keberanian untuk mengirimkan sebuah tulisan jika saya tidak bergabung dalam IIDN.

Kekuatan Menulis

Seperti yang tercantum dalam logonya, IIDN adalah sebuah komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Maka menulislah agar kisah kita tak lekang ditelan zaman. Menulislah di Blog, di media masa agar suara kita didengar oleh orang-orang yang berkepentingan. Menulislah karena kita tidak akan pernah tahu Jodoh tulisan kita siapa.

Kekuatan menulis juga bisa menambah banyak teman. Melalui Blog, melalui komunitas ini, sebuah untaian persahabatan diam-diam tersusun manis antar anggota. Menjadikan jalinan ukhuwah menjadi erat dan seperti keluarga.

Sungguh tak ada yang lebih membahagiakan selain berkumpul dengan orang-orang yang saling memberi manfaat untuk kebaikan.
Selamat Ulang tahun IIDN, semoga seiring bertambahnya usia bertambah pula kesuksesan ibu-ibu didalamnya. Sukses membangun sebuah ukhuwah yang indah, menebar kebaikan lewat penanya dan bermanfaat, bagi keluarga nusa dan bangsa.

5 comments:

  1. happy milad IIDN..baarakallah,
    q blm punya anak nih,blh gabung tak??tapi dah jadi IBU gulu kok xixixixixix

    ReplyDelete
  2. Selamat Ulang Tahun IIDN...Mba Hana...tulisanmu selalu keren.

    ReplyDelete
  3. Happy milad unyuk IIDN, kapan ya aku bisa masuk group IIDN :) belum pede

    ReplyDelete
  4. Maak.. keren... saya malah belum punya ide utk posting hiks..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu