Thursday, December 19, 2013

Resep Nastar

Sebelum kasih resepnya, saya mau curhat dulu.

Menurut saya buat nastar bukan susah susah gampang tapi, susah-susah susah. Kenapa? karena saya udah beberapa kali gagal saat membuatnya. Pantang menyerah dan penasaran dong jadinya. Setelah nanya beberapa teman, menurut saya, pemilihan Oven dan suhu lah yang jadi penyebab utama dan adonan terigu yang jadi penyebab kedua. Sebelumnya pernah juga nastar saya jadi gendut saat di oven dan lebih mirip roti sobek karena dempetan dengan yang lain. Rupanya, membuat nastar itu memang harus lebih kecil dari ukuran yang kita inginkan karena nanti adonan akan mekar.

Oven, juga berbeda-beda saat digunakan, coba dulu dari suhu -/140, untuk waktu 20 menit. Saat saya memasak juga memakai suhu 150 untuk waktu 15 menit. Jadi jangan terlalu lama juga di ovennya, nanti diluar juga matang dengan sendirinya. Karena bukan sekali ini aja nastar saya juga jadi gosyongg.

Kalau udah siap, Ini dia resep dari sahabat meilina yusuf  yang saya tambahkan komposisinya setelah praktek. (Insya alloh beliau gak keberatan) .  Owhh iya saya juga gak pinter masak sih. Ini resep cuma buat kalian yang bernasib sama dengan saya, sekedar berbagi siapa tahu resep  ini bisa sama berhasilnya.

Bahan:

300 gr terigu
30 gr maizena
 225 gr mentega
60 gr gula halus
2 kuning telur
2 sdm susu bubuk

Caranya:

Mixer : kuning telur, gula, mentega sampai putih. Matikan mixer, aduk dengan sendok atau tangan terigu susu dan maizena, hingga adonan bisa dibentuk. Jangan lupa bentuk bulat kecil saja karena nanti adonan akan mengembang, Lalu masukan isi nanas yang sudah matang (untuk adonan nanas masak nanas parut beserta gula dan kayu manis, sampai matang). Beri olesan kuning telur , Lalu Oven dengan suhu minimal tadi. selama 15 menit.

Alhamdulillah saya berhasil tadi. Seneng banget anak saya suka. Hmmmm kalau saya beli dari temen mahalnya minta ampun, kalau bisa bikin dan berhasil gini jadi hemat kannn..

Selamat mencoba, jangan lupa baca basmallah.


8 comments:

  1. uwaaaaaaaaaa...kok diumpetin sih nastarnya makkk,huhuhu...mantabhlah bikin nastar,aku belum pernah,kl lebaran beli hahaha

    ReplyDelete
  2. nanti deh kapan-kapan di coba resepnya, belum pernah juga nih coba bikin sendiri :)
    salam silaturahmi :)

    ReplyDelete
  3. kebetulan ndak punya oven, jadi kalau kue kering kayak gini mending beli aja, apalagi ada teman yang bisa, jadiiiiii sekalian dijual lagi *mata ijo* :)))))

    ReplyDelete
  4. cocok deh mau liburan bikin nastar mbak :)

    ReplyDelete
  5. Makasih ya mak.... langsung dicoba besok hihihihihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu