Saturday, February 22, 2014

Cara Membuat SIM di ABu dhabi

Masih inget sekitar bulan November 30 2013, saya menuju Tarif, yaitu tempat Police station. Disana tempatnya  untuk sekolah dan membuat SIM( Surat izin mengemudi). Jarak dari rumah saya sekitar satu jam, jadi memakan waktu dua jam untuk bolak balik dan setengah jam untuk ngurus ini itu disana. Perjuangan SIM ( Surat izin Misua) sendiri saya lalui selama lima tahun.

Selama lima tahun saya belum diijinkan buat SIM mobil karena katanya belum perlu. Well akhirnya Alhamdulilahh ya sesuatuu. Asal tahu aja sih SIM di ruwais ini penting banget, bukan buat gaya-gayaan ya karena disini gak ada taksi, dan gak ada motor, jadi kemana-mana harus nunggu bus yang gak tahu muter ke daerah kitanya kapan dan kita juga gak bisa ngandelin bus kalau kita perlu malem-malem. apalagi harga mobil disini murah banget dari pada di Indonesia dengan uang 45.000 dhs atau sekitar 150 juta  kita udah bisa beli BMW atau hummer second yang kondisinya masih bagus dan gak tua-tua banget.

balik lagi ke bikin SIM, hari itu suami kebetulan libur pas banget hari kamis, jadi bisa anter saya open file, tahap pertama yang kita sebut open file itu kita nyerahin berkas yang diperlukan seperti ID, paspor suami, dan uang pastinya. Di loket pertama saya ketemu sama pegawai yang tugasnya terima berkas, kalau udah komplit baru ke tahap berikutnya. Duh sialnya yang saya mintain info itu gak bilang kalau harus bawa paspor suami karena saya gak bawa jadi menurut dia saya gak bisa open file. Saya yang saat itu bareng ama temen gak bawa juga .

Setelah keluar ruangan untuk nyari jalan keluar akhirnya gak bisa juga mau email gak punya temen yang bisa ngemail paspor karena rumahnya dikunci. Kata pegawainya suruh aja manager kamu ditempat kerja buat kirim. What?? hmmm asal tahu aja suami saya itu walau bukan Office Boy tapi gak tinggi-tinggi banget jabatannya sampe harus berani minta tolong manager. Cara itu gak berhasil, sambil diluar ruangan temen saya dan suminya masih mikir kayak nunggu orang lahiran. Sementara suami saya pegangin HP sambil gak tahu juga itu HP mau diapain.

Akhirnya saya dengan jurus pamungkas beraksi. Sedikit belaga melas saya masuk ke ruangan tadi menuju pegawai yang tadi juga. Saya bilang aja sambil beneran melas dari hati paling dalam kalau saya minta tolong ke dia minta keringanan, paspornya menyusul aja kalau saya sampai rumah nanti saya kirim email atau fax. Karena kalau pulang lagi saya butuh waktu dua jam lagi untuk bolak balik. Dan saat itu suami saya gak bisa ambil cuti lagi. Setelah pegawai dan seorang polisi yang ikut mikir merasa kasian juga mungkin, jadi mereka deal deh. Dengan senang hati saya panggil temen dan suami saya bahwa mereka mau lanjutin open filenya.

  • Open file pun dimulai, setelah pegawai yang urus dokumen selesai saya disuruh foto untuk tanda pengenal selama belajar dan latihan. Terus pilih jenis kendaraan automatic atau manual karena SIM nya beda, terus SIM matic itu hanya untuk matic kalau manual bisa buat mobil matic. Dan jangan coba-coba kalau punya SIM matic pake manual, sanksinya kalau ketahuan apalagi kecelakaan bisa dipenjara atau deportasi (serem kann ) Dan saya pilih SIM matic karena gak bisa manual .
  • Setelah punya kartu saya menuju tempat cek mata, nanti ini menentukan juga SIM yang akan diambil jenisnya yang pakai kaca mata atau normal. Disini bayar 20 dhs (1 dirham = 2400-3000 tergantung kurs)
  • Tahap ketiga daftar sekolah. Nah setelah daftar dengan kasih uang 1250 dhs (kalau dikalikan rupiah bikin nyesek loh ) kita bisa pilih kelas mau sekolah 3 hari baru tes (biaya 850 dhs) atau mau sehari seperti saya langsung ujian tulis (1250 dhs) nah saya pilih sehari sekolah langsung tes. 
  • Setelah itu saya dikasih jadwal kapan harus sekolah kalau gak salah seminggu kemudian saya sekolah. Waktu itu saya gak tahu kalau tesnya hari itu juga. Sekolah yang harusnya 3 hari tapi digabung jadi 1 hari itu rasanya kepala cenut-cenut pemirsa. Apalagi aksen orang India menurut saya englishnya ampun-ampunan kayak lidah yang dipelintir-pelintir (bayangin aja). Jam istirahat temen saya orang malaysia malah beli kopi dulu pening katanya haha ternyata bukan saya aja . Kalau saya sih kerasa pening setelah dimobil mau pulang. Oiya waktu sekolah cuma 4 perempuan saya temen saya orang indonesia dan satu orang malaysia satu lagi India.
  • Selesai sekolah, dari pukul 08.30 -13.30 ternyata langsung tes tertulis. Alamak saya gelapan karena beneran gak tahu ternyata hari itu juga tesnya. Waktu itu ada manager yang masuk kelas dia bilang untuk perempuan saya sarankan oral tes atau test lisan. (tahu aja kalau inggris saya ancur-ancuran) keputusannya ditungguin dengan sabar setelah saya fikir-fikir ahh saya ikut oral aja . Tapi oral juga gak gampang sih kalau gak bisa jawab semua dari 10 soal maka harus ulang di hari lain. Aduhh perjuangan ke tempat test aja capek saya gak mau jadi 2 kali. Bismillah ngebut baca rambu-rambu. Dan akhirnya pass alias lulus .
  • Tinggal dua tahap lagi, yaitu test parking dan road test. Setelah lulus test tulis saya buat appointment lagi bayar lagi dibulan desember, waktu itu latihan 3 kali parking alhamdulillah mantap karena ilmu parking itu emang ada rumusnya. itu enaknya tinggal atur putaran stir aja . Alahamdulillah akhirnya lulus juga test parkingnya waktu itu saya orang indonesia sendiri yang lainnya orang lokal ama orang india (owhh saya mah hampir lupa saya tinggal di Abu dhabi, perasaan sih tinggal di India karena disetiap penjuru pasti ada orang India ckkckc)
  • Setelah lulus parking test saya buat appointment lagi untuk Road test. Tahap ini yang paling menakutkan pamirsah karena orang-orang yang udah ahli aja bisa lebih dari 10 kali road test. Apalagi saya yang gak pernah bawa mobil di indonesia. buat ngadepin Road test ini saya cuma 3kali latihan dan akhirnya berjuang dibulan januari dengan nebeng sama temen, karena suami saya kerja. Kalau untuk menuju tarif, biasanya suami-suami sering mengikhlaskan isteri-isterinya untuk dititip ke temen, dari pada di duruh naik bus. Untold story from daerah arab, perempuan sih katanya kurang aman kalau naik bus sendirian apalagi di kampung kayak Ruwais ini. Tapi kalau Abu dhabi atau Dubai sih aman aman aja kok . Apa daya Road test pertama saya gagal sodarahh sedih dih dih sempet gak mau latihan lagi tapi disemangatin suami akhirnya maju lagi ambil ROad test ke dua tanggal 8 januari, dan alhamdulillah gak lulus lagi makkk hiks . Oiya disini jadwal roadtest atau parkir untuk perempuan diatur hanya hari rabu aja hari lain semuanya buat laki-laki. makanya jarak appointment gagal bisa jadi sebulan yang akan datang . Setelah saya gagal tanggal 8 januari saya baru dapet appointment lagi tanggal 12 februari. Siapa sangka itulah my lucky day, saya lulussss terharu banget, lutut sampe lemess karena seneng.
Nih, pass katanya cuma itu tulisan arab gak ngerti deh apa
Sekedar informasi juga untuk road testnya cukup seru juga karena bukan diadain di tarif tempat kita parking test atau open file. Tapi kita dibawa sebuah bus menuju sebuah komplek perumahan yang namanya Mirfa, disana sekitar 30 orang yang di dalam bus ( ada orang lokal , india, indonesia philipina) jadi satu dan mereka antri untuk naik mobil polisi untuk melakukan road test yang cuma 3-5 menit aja . Beragam ekspressi dari mereka yang habis turun dari mobil polisi ada yang marah-marah karena gak lulus ada yang sumringah berarti dia lulus.

Waktu roadtest ketiga itu saya udah gak berharap banyak malah nothing to lose aja gitu, gak deg degan dan biasanya aja. Malah itu mungkin yang bikin Polisi  nyangka saya jadi gak nervous, bawa mobilnya santai terus polisi suruh speed, suruh ngebut saya cuma bilang yes sir , Ok sir.. pokonya saya acting belaga udah nyetir lama dan gak banyak ngomong (Soalnya kalau kita ngeladenin Polisi ngomong jadi gak lulus juga). akhirnya bosen juga itu polisi dan kayaknya  gak mau liat muka saya lagi , dengan bilang bahwa saya pass.. uhuks senengnya gak tahann muka binar-binar semingguan setelah lulus dan punya SIM ini muka sumringah melulu hahaha

Sebetulnya rute road test itu dengan melewati roundbout dan u-tern atau overtaking aja. Cuma Polisi juga lihat kita nervous atau enggak. karena kadang dari beberapa temen ada yang bilang saking nervousnya, dia coba starter mobil padahal udah nyala, atau nginjek gas tapi gigi sama rem tangan blom dibuka jadi ngiung-ngiung aja gitu hahaha

Setelah lulus dan dapet kertas PAss yang tadi di atas saya balik lagi ke Tarif buat dituker ama SIM-nya bayar lagi deh 200 dhs Udah deh habis itu gak ada bayar-bayar lagi.  Kalau mau foto lagi boleh atau foto yang dulu bekas buat belajar juga boleh, tapi saya kan tukang narsis pantang dong pake foto sama. Akhirnya foto lagi. nunggu 10 menit jadi deh. Taraaaaa ini SIM saya SIM pertama seumur hidup (hehe karena di Indonesia saya gak punya). Biarin deh dibilang norak atau pamer karena emang ini perjuangan bukan hasil nembak atau nodong sama polisi (ups maaf ya kalau ada yang kesindir)hahaha woles woles.. Semoga Alloh selalu menjaga saya dalam setiap perjalanan.

Displaying 20140213_154848.jpg
Maaf ya narsis

23 comments:

  1. wah,ternyata ribet juga ya mak hihihhi..mana fotonya??kok g kelihatan.. *kecewa* >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto apa sih mak itu yang terakhir kan foto juga mak ?

      Delete
  2. eciyeeeee.... kereeen Mak! Aseek, udah punya SIM. eh, sekolahnya cuman sehari keren bener, itu berarti bener2 yang udah bisa nyetir ya? klo yang belum bisa sama sekali harus kursus apa belajar sendiri di rumah, Mak? Klo di sini sistemnya klo belum punya SIM Indo alias buat SIM baru, harus ikut sekolah/ kursus nyetir dulu, dan itu 1~2 bulanan baru bisa ujian SIM. Dan uang kursusnya itu yaaaahh,, hadeeh bikin pala cenut2, hehe. Makanya eike belum diijinin suami ikut kursus nyetir. Belum ada duitnyaaahh. Hhahaha. :D
    Selamat ya Mak. Nisa diajak jalan2 dooong. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pilih sekolah yang sehari itu mak 9makanya cenat cenut) ada juga yang 3 hari. Iya mak aku kursus dulu setelah open file itu. lah aku akn belom punya SIM indo juga samak. hihihi iya uang kursusnya itu hiks jebol ya heu heuu aku ish demi anak mak

      yuks nisa capcusss fasten seatbelt ya

      Delete
    2. iya, tetep aja keren, 1~3 hari kursusnya. Di sini 1~2 bulan Maaak kursusnya. :p

      Delete
  3. Ribet ya Mbak tp memang hrs gitu jd ga sembarangan org bisa dpt SIM spt dsni. Congrats mak :)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. hahahahahha, lucu banget,, benar-benar perjuangan ya mak, udah berapa lama di Abu Dhabi? eh, itu kok foto terakhirnya gak nongol mak?
    Wuiiidiih serunya tinggaal di negeri orang,,, :)
    Mampir yuk => http://aidamaruf.blogspot.com
    ditunggu ya mak :)

    ReplyDelete
  6. perjuangannya cihut banget ya teh tp akhirnya berhasil juga :) btw kertas yg di pic itu nyesek sama coretan ya, tnda tngan yajh hihi..org arab dimana2 sama kyknya soal ijraat

    ReplyDelete
  7. Itu beneran bmw dan hammer 150 jt??? Kirimin dong maak,hehe...

    Alhamdulillah ya meskipun melewati rintangan yang penting sudah berhasil punya sim :)

    ReplyDelete
  8. Kalau SIM motor ribet enggak, Mak? Di Yaman sepertinya gak dibutuhkan.

    ReplyDelete
  9. Waaaw, udah punya SIM *Aq terkompori* (UwienBudi)

    ReplyDelete
  10. wah mantap perjuangan untuk bikin sim, di indo sih bayar 450 ribu langsung dapat sim mak...ga peke tes2......kebangeten ya....

    ReplyDelete
  11. Kok aku juga ga bisa liat fotonya ya Mak?
    Mungkin karena inetku sedang lola ini yaa..
    Oya, selamat ya mak utk SIM nya :)

    ReplyDelete
  12. Allhamdulillah akhirnay lulus ya mbak Hana :) Aku datang nih mau kejar setoran buat bewe

    ReplyDelete
  13. Cieee, yg udah lulus setelah 3 kali gagal hehehe.. Selamat Mak, dah punya SIM :)

    ReplyDelete
  14. Tentang cdk mata. Berarti di SIM nanti tertera minus berapa atau plus berapa gitu, Mba?
    Hihihi. Gak mudeng. :D

    ReplyDelete
  15. potonya yang terakhir itu kok ga kebuka ya mak dari kompiku, selamaat udah punya sim, besok2 kalo aku kesonoh diajakin jalan2 ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah .... akhirnya dapat SIM juga :)

    ReplyDelete
  17. Bisa juga ni saya amalkan tipsnya ya mbak, terima kasih dan salam kenal ya!!

    ReplyDelete
  18. ga ada "jalan belakang" ya mak? *dikeplak *kabor :v :v :v

    ReplyDelete
  19. seru-seru, wah malas pindah negara kalo begitu ceritanya, bakalan ga bs jawab teori, amburadul wkwkwk, test praktek pake mobil kecil atau gede mak

    ReplyDelete
  20. rempong ya mak..:) kebayang 2 sepupu saya yg pindah sekolah di abu dhabi bln april 13 lalu karena mengikuti tugas oom di abu dhabi, pasti ga kalah rempong:)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan, dan lucu *loh

dan jika berkenan dengan nama dan alamat Blog yang benar
Supaya memudahkan saya untuk bersilaturahmi kembali.ke Blog Kamu